Kamis, 07 April 2016

Persyaratan Pendaftaran Nikah Di Kua Kec.Denpasar Barat




A.      PERSYARATAN ADMINISTRASI NIKAH
1.    Mengisi Blangko Nikah (N1, N2, N3, N4) dan ditandatangani oleh Kepala Desa/Kelurahan
2.    Fotokopi KTP,  KK, Akta Kelahiran/Ijazah @ 1 lembar
3.    Pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 = 2 Lbr, 3 x 4 = 4 Lbr  dan 4x6= 1 Lbr dengan background warna biru  dan berbusana muslim
4.    Foto kopi keterangan vaksin/imunisasi TT (Tetanus Toxoid) bagi catin wanita
5.    Akta Cerai Asli bagi janda/duda cerai
6.    Ijin dari orangtua (N5) bagi catin yang belum berusia 21 tahun
7.    Dispensasi nikah bagi catin laki-laki yang belum berusia 19 tahun dan catin perempuan yang belum berusia 16 tahun
8.    Surat Keterangan/Akta Kematian suami/istri dan kutipan akta nikah terdahulu bagi janda/duda karena meninggal dunia (model N6)
9.    Ijin dari kesatuan bagi anggota TNI dan POLRI
10.  Ijin dari Pengadilan Agama bagi yang hendak berpoligami
11.   Surat Keterangan belum pernah menikah dari desa/kelurahan
12. Taukil wali secara tertulis dari KUA setempat bagi wali nikah (dari pihak perempuan) yang tidak dapat menghadiri akad nikah
13.  Surat keterangan/sertifikat memeluk islam/sijil muslim bagi muallaf
14. Bagi Warga Negara Asing (WNA) Ijin dari kedutaan/konsulat perwakilan di Indonesia dan diterjemahkan kedalam  bahasa Indonesia oleh penterjemah resmi, Fotokopi passport yang masih berlaku, Fotokopi VISA/KITAS yang masih berlaku, Fotokopi Akta Kelahiran
15. Rekomendasi nikah dari KUA setempat bagi Calon Pengantin yang berdomisili di luar Kecamatan Denpasar Barat
B.       PROSEDUR PENDAFTARAN NIKAH
1.    Calon Pengantin (Catin) datang ke KUA untuk konsultasi dan mendapatkan blangko-blangko persyaratan pernikahan
2.    Catin datang ke Desa/Kelurahan untuk mendapatkan tanda tangan model N1-N4
3.    Catin beserta wali membawa berkas nikah datang ke KUA untuk memberitahukan kehendak nikah dan dilakukan pemeriksaan berkas nikah serta pencatatan nikah
4.    Bila pernikahan dilaksanakan diluar kantor, catin menyetor biaya nikah sebesar Rp. 600.000 ke bank
5.    Catin mengikuti SUSCATIN
C.      BIAYA NIKAH
Berdasarkan PP No. 19 Tahun 2015 Bahwa :
1.    Apabila Pelaksanaan Pernikahannya dilaksanakan diluar kantor dan diluar jam kerja maka dikenakan tarif Rp. 600.000,-
2.    Apabila Pelaksanaan Pernikahannya dilaksanakan di dalam kantor dan pada jam kerja di kenakan tarif Rp. 0,-
Biaya tersebut langsung disetorkan oleh calon pengantin ke Bank-Bank yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah.

4 komentar:

  1. Gimana cara buat pengantar nikah ke Lampung mohon info nya

    BalasHapus
  2. Kalau cari surat N1 s/d N5 ap bner bisa di kua ,mhon info nya .. trimakasih

    BalasHapus
  3. saya asal kota malang dan calon suami saya orang banyu wangi..surat keterangan apa saja yg di harus di bawa?

    BalasHapus
  4. Apakah benar pendaftaran nikah di lakukan 3bulan sebelumnya untuk melakukan proses bimbingan ? Mohon info

    BalasHapus